0857 2745 2727
0857 2745 2727
bukuislamu@gmail.com

Mizanul Muslim Buku Pertama

Kategori Aktivis, Aqidah, Cordova Mediatama, Dakwah
Di lihat 748 kali
Berat(/pcs)1,2 Kg
Harga Rp 113.000 125.000
Anda Hemat Rp 12.000 (9.60%)
Beli Sekarang

dwilogi-mizanul-muslim-pertamaNama Buku :Mizanul Muslim

Ukuran/Hal : 15 X 24 cm / halaman/

Berat: 1000 gram (HC)

Penulis : Abu Ammar dan Abu Fatiah Adnani

Penerbit : Cordova Mediatama

Harga : Rp 125.000,- Rp 113.000,-

Anda Hemat: Rp 12.000,-

Pemesanan: 0857 2745 2727
Segala puji bagi Allah Robbul ‘alamin atas segala limpahan hidayah rahmad, dan hidayah-Nya. Sholawat dan salam senantiasa kita panjatkan kepada Rosulullah SAW, keluarga, sahabat dan umatnya yang istiqomah menempuh syariatnya hingga akhir zaman. Amma ba’du..

Kehidupan umat Islam dewasa ini diwarnai oleh fenomena antagorisme yang unik, disatu sisi, geliat untuk mempelajati islam tumbuh subur di berbagai daerah dan kalangan. Ratusan penerbit islam tiap bulan menggelontor umat dengan ribuan judul buku baru dalam beragam tema. Sekolah-sekolah islam terpadu, perguruan islam negeri maupun swasta, majlis ta’lim karyawan dan buruh hingga pengajian para selebritis menjamur di perkotaan. Stasiun TV berlomba-lomba menampilkan ustad/ustadzah beken, sementara petusahaah komunikasi meluncurkan ponsel-pondel Al-Qur’an dan menu-menu aplikassi islami via Hp. Dikalangan menengah ke atas, ibadah umroh bahkan telah menjadi tujuan wisata ruhani dimasa liburan kerja dan sekolah.Maraknya umat islam untuk mendalami ajatan Al-Qur’an dan As-sunah ini tentu cukup menggembirakan.

Meski demikian disisi lain juga marak fenoma\ena penghancuran dan kehancuran kehidupan beragama umat islam, dalam skala yang dangat mengkhawatirkan. Penghancuran akidah umat islam melalui penyebarab dab penanaman ajaran-ajaraan kufur seperti pluralism, liberalism, dan sekulerisme menjadi pemandangan sehari- hari di majalah, Koran, Tv,radio, internet,dan di perguruan tinggi slam dan beberapa organisasi islam. Penghancuran akhlak dan tatanan social islam juga tak kalah hebatnya, melalui mantra-mantra demokrasi liveral, gerak feminism, emansipasi wanita, kesetaraan gender, kebebasan peers,hak asasi manusia (HAM) fiqih minoritas, dan slogan-slogan ala non muslim lainnya. Gaya hidup jedonis mauerialistis ,dan serba permisif, sebagai akibat dari jauh dari syariat isslam dan membebek gaya hidup non islam.(tasabbuh bi kuffur) telah melahirkan generasi semu yang tak bisa melepaskan diri dari jeratan pergaulan bebas, perzinaan minuman keras, narkoba, perjudian dan dosa-dosa besar lainnya. Krisis akidah dan akhlak meranbah pada sektor- sektor kehidupan lainnya. Maka yang Nampak di permukaan adalah pejabat yang korup, pedagang yang curang hartawan yang rakus, ulama’ yang mau menjual agama demi secuil kenikmatan dunia, generasi muda yang tak memiliki identitas, dan umat yang serba bingung dan menjadi obyek permainan kekuatan-kekuatan besar non muslim. Laa haula wala kuwata illa Billah Al ‘aliyy Al-‘azhim.

Adakah uang salah dengan kehidupan berahama umat islam, sehinga penghancuran dan kehancuran ti\ersegut terus menggelinding tanpa bisa dibebdung lagi? Jika umat islam terutama para ulama’ dan para pemimpin ormas islam mau berkaca pada Al-Qur’an dan As-sunah, tentu mereka akan memahami dan menyadari sepenuhnya betapa hidup mereka telah begitu jauh dari petunjuk hidup Al-qur’an dan As-sumah. Jumlah umat islam,masjid, mushola, madrasah, pondok pesantren,perguruan tinggi islam,TPA, juga majlis ta’lim memang besar namun, sudahlah besarnya kuantitas diiringi dengan besarnya kwalitas? Realitas menunjukan adanya kesenjangan yang sangat dalam antara sisi kwantitas dan kwalitas umat ini.

Kita berharap geliat umat islam untuk kembali belajar islam diberbagai kalangan dan daerah tersebut merupakan bagian dari usaha untuk menjembatani dalamnya kesenjangan antara sisi kwantitas dan kwalitas umat islam. Namun, gembira dan berharap semata tentu tidak cukup,ia harus ditindak lanjuti dengan usaha-usaha yang seriys, terprogram, sistematis, dan tepat agar keinginan kembali kepada ajaran islam tersebut tidak terjeb ak dalam perangkap para du’atun ila abwabi jahannam (para penyeru kepada pintu-pintu jaham). Sebagaimana diperingatkan oleh rosulullah SAW dalam hadits yang shohih:

نَعَمْ، دُعَاةٌ اِلَى اَبْوَابِ جَهَنَّمَ مَنْ أَجَابَهُمْ قَذَفُوْهُ فِيْهَا، قُلْتُ:يَارَسُوْلَ اللهِ،صِفْهُمْ لَنَا،قَالَ :هُمْ مِنْ جِلْدَتِنَا وَيَتَكَلّمُوْنَ بِأَلْسِِِِنَتِنَا

Rosulullahi SAW bersabda, Ya, (akan muncul) para penyeru kepada pintu-pintu neraka Jahannam, Barang siapa mengikuti seruan mereka niscaya akan mereka campakkan kedalam neraka jahannam.

Huzaifah bin yaman ra berkata “Wahai Rosulullah terangkanlah sifat-sifat mereka kepada kami!”

Rosulullah SAW bersabda, “mereka berasal pada kyulit yang sama dengan kita dan berbicara dengan bahasa yang sama dengan kita”. (HR. Bukhori no.6557 dan Muslim no. 3434)

Hadits ini memperingatkan kepada umat islam untuk mewaspadai para penyeru isme-isme kufur dan sesat, yang secara lahiriah adalah beragama islam, bahkan menjadi tokoh yang memegang kendali urusan umat islam, namun pola pikir, pola keyakinan dan pola hidupnya menyelisihi Al=Qur’an dan As-sunah. Umat islam yang tidak mempunyai pemahaman islam uanmg utuh dan lurus sangat mungkin sekali terjebak pada rayuan manis namun beracun para penyeru kepada neraka jahannam tersebut. Bila itu yang terjadi, niscaya kesesatan didunia dan kebinasaan di akhiratlah yang akan dipetik oleh mereka. Na’udzu Billah min Dzalika.

Buku yang kini berada di hadapan pembaca budiman ini merupakan sebuah upaya untuk mengantarkan umat islam kepada pemahaman islam secara lurus, benar, dan utuh (kaafah). Ditujukan kepada umat islam yang tengah bergeliat untuk mengenali ajaran Al-Qur’an dan As-sunnah yang murni dari penyelewengan, Penambahan, dan pengurangan. Buku ini membahas aspek-aspek ajaran islam secara menyeluruh: akidah, ibadah, akhlak, dan mu’amalah. Pembahasannya diuraikan secara singkat, padat, berdasarkan dalil-dalil dari Al-Qur’an dan hadits shohih, dan dengan bahasa yang mudah, Agar mudah dipagami, pembahasannya dibaagi dalam beberapa bab dan tema kajian yang disebut dengan istilah “Mizan”

Mizanul ilmu. Bab ini menguraikan tentang definisi ilmu, keutamaan ilmu, klasifikasi ilmu, hukyum menuntut ilmuk sarana nenggapai ilmu, faedah ilmu,dan adab-adab bagi penuntut ilmu dan pengajar ilmu. Bab ilmu didahulukan karena ilmu merupakan pondasi bagi kelurusaj dan keabsahan ucapan dan perbuatan.
Mizanul Akidah. Bab ini menguraikan definisi akidah, urgensi akidah, bentuk-bentuk penuimpangan akidah, dan solusi untuk mengatasinya.Juga dibahas gambaran global akidah ahlus sunnah wal jama’ah, mulai dari sumber-sumber pengambilan akidah, metodologi perumusan akidah dari sumber-sumbernya, masalah iman, tauhid al-ilmi al-khabari, tauhid al-qushdi ath-thalabi, hal-hal uang ghoib, takdir, Al-Qur’n dan kalam Allah, jama’ah dan imamah (kepemimpinnan khalifah islam), sahabat nabi, mu’jizat dan karomah para wali Allah. Bab ini ditutup denga pembahasan penting tentang sekte-sekte sesat dalam masalah akidah, seperti mu’tazilah, khawarij,Murji’ah, Rofizhah, Qadariyah, dan Jabariyah.
Mizanul Tauhid. Bab ini menguraikan defimisi tauhid, urgensi tauhid, klasifikasi tauhid, dakwah para Nabi dan rpsul kepada tauhid, dan hal-hal yang berkaitan dengannya.
Mizanul Islam. Bab ini menguraikan sefinisi islam, urgensi islam, ruang lingkup ajaran islam, dan pembahasan rukun islam yang lima. Dua kalimat Suajadat sebagai rukun islam uang pertama dan terpenting, mendapat ulasan yang cukup padat, meliputi rukun-rukun Syahadat, syarat-syarat syahadat makna syahadat, konsekwensi-konsekwensi syahadat, dan pembatal-pembatal syahadat.
Mizanul Iman. Bab ini membahas definisi iman, urgensi iman, unsur-unsur iman, tingkatan-tingkatan iman, rukun-rukun iman yang enan, konsekwehsi-konsekwensi iman, pembatal-pembatal iman, dan ciri-ciri kaum beriman. Bab ini dijelaskan dengan cukup padat dan utuh, agar umat islam bisa beriman secara behar, dan terhindar dari pemahaman iman yang keliru ala sekte sesat Mu’tazilah, Khowarij, Murjiah, Qadariyah, ataupun Mabariyah.
Mizanul Ibadah. Bab ini membahas definisi ibadah, urgensi ibadah, rukun-rukun ibadah, syarat-syarat ibadah, klasifikasi ibadah dan skala prioritas ibadah. Selain itu juga diuraikan tak kurang darri 60 manzilah ibadah, yaitu anak tangga perjalanan ibadah seorang hamba menuju ridho Allah dan syurga- Nya. Boleh dikatakan, pembahasan tersebut merupakan ikhtisar ‘Tasawuf’ yang si\esuai ddengan petunjuk Al-Qur’an dan As-sunnah.
Mizanul Akhlak (wal adab). Bila bab-bab sebelumnya menekankan unsur pembinaan diri pribadi, maka bab ini menekankan pola hubungan pribadi dengan orang lain dan masyarakat sekitar. Bab ini membahas definisi akhlak, urgensi akhlak, klasifidasi akhlak, akhlak-akhlak yang terpuji dan adhlak-akhlak yang tercela.serta diuraikan secara urut akhlak seorang muslim kepada Allah, Rssulullah, Al-qur’an, diri pribadi, keluarga, kerabat, tetangga, tamu, benatang, alam sekitar, dan pergaulan dengan masyarakat luar.
Mizanul Ukhuwah. Secara khusus, bab ini membahas persaudaraan karena ikatan iman yang merupakan ikatan iman uang palig kokoh. Definisi ukhuwah, urgensi ukhuwahl rukun-rukun ukhuwah, tahapan-tahapan pembinaan ukhuwah, hak-hak dan kewajiban dalam ukhuwah dijelaskan dengan detil-detilnya dalam bab ini, memahami bab ini adalah sebuah keniscayaan demi terbentuknya masyarakat muslim yang saling mencintai, menyayangim dab menolong satu sama lain.
Mizanul dakwah. Bab ini membahas definisi dakwah,urgensi dakwah, rukun dakwah, bekal juru dakwah, manajemen dakwah, klasifikasi dakwah, metodologi dakwah, dan hal-hal lainnya yang harus dipahami agar dakwah berjalan sesuai sunah nabi SAW dan berhasil mencapai tujuan dan targetnya.
Mizanul Wala’ wal Bara’. Bab ini sangat penting dipahami oleh umat islam, agar mereka tidak salah dalam mengambil teman karib dan lawan. Bab ini membahas definisi wala’-Bara’, urgensi wala’-bara’, sejarah pertentangan wali-wali Allah dan wali-wali syetan, klasifikasi wala’-bara’, hak-hak dan kewajiban dalam wala’-bara’, wujud wala’ kepada Allah dan wujud bara’ kepada orang-orang musyrik, ahlu kitab, munafik, dan muslim yang fasik.
Mizanul jihad. Sebagai puncak ajaran islam, jihad seringkali desalah pahami oleh sebagian umat islam, terlebih oleh para oreientalis dan non-muslim. Untuk meluruskan kesalah pahaman tersebut, bab ini menguraikan definisi jihad, urgensi jihad, hukum jihad, klasifikasi jihad, fase-fase pensyariatan jihad, adab-adab berjihad, faktor-raktor penopang jihad, hal-hal yang berkaitan dengan harta rampasan perang dan tawanan, dan pahala yang berlimpah bagi mujahidin dan syuhada’.
Mizanul Iqtishad wal mu’amalah. Islam bukan hanya mengurus persoalan akidah,ibadah dan akhlak semata. Persoalan ekonomi dan mata pencaharian hidup juga mendapatkan perhatian yang besar dalam Al-Qur’an dan As-sunnah. Bab ini menguraikan konsep ekonomi islam, secara ringkas dan padat, termasuk di dalamnya cara pengentasan kemiskinan, jaminin social, subsidi baituk mal untuk kesejahteraan rakyat, ranbu-rambu kegiatan perekonomian, dan lain-lain.

Inilah uraian masing-masing bab dan tema pembahasan. Pembaca akan mendapati bahwa rangkaian pembahasan tersebut telah membentuk sebuah gambaran yang utuh tentang islam yang berdasarkan Al-Qur’an dan As-sunnah, mencakup aspek akidah, ibadah, akhlak, dan mu’amalah. Kami sebut kajian ini dengan istilah ‘Mizan’ yang secara harfiah bermakna timbangan, dengan harapan melalui buku ini, setiap muslim mempunyai standar pemahaman islam yang orisinil, lengkap, dan utuh (kaafah). Dengan standar ditengah inilah, seorang muslim mempunyai bekal yang cukup untuk mengkaji atau mengikuti dajian keislaman apapun dan dimanapun, sehingga bisa menilai mana yang benar dan mana yang salah, dan erhindar dari jeratan para penyeru ajaran yang sesat, salah, dan menyimpang dari Al-Qur’an dan As-sunnah.

Buku ini insya Allah, sanyat tepat dan codck untuk menjadi tangga pengantar anda menuju islam kaafah, sebagaimana yang telah diperintahkan Allah SWT dalam firman-Nya, (Qs. Al-Baqarah :208)

Semoga kehadiran buku ini membawa manfaat sebesar-besarnya bagi umat islam. Selamat mengkaji.

author by: Firman Syah

(393)

Print Friendly
sale
Khutbah Jumat Pilihan Setahun – Buku Pintar Khatib dan Khutbah

6%

Rp 80.000 85.000
Rp (Hubungi CS)
best
Terjemahan Minhajul Muslim Edisi Lengkap

8%

Rp 115.000 125.000
new
Lapis Lapis Keberkahan

7%

Rp 93.000 100.000
sale
Mizanul Muslim Buku Kedua Penerbit Cordova Mediatama

16%

Rp 113.000 135.000
best
Kepada Aktivis Muslim | Terjemahan Risalah Ila Kulli Muslimin Aqwam

6%

Rp 33.000 35.000
new
Peperangan Rasulullah Peperangan Nabi Muhammad SAW – Dr. Ali Muhammad Ash Shallabi – Penerbit Ummul Qura

100%

Rp 149.000
new
Para Panglima Islam Penakluk Dunia – Muhammad Ali – Penerbit Ummul Qura

10%

Rp 89.000 99.000
new
Kumpulan Debat Islam VS Non Islam Dr. Zakir Naik – Aqwam

9%

Rp 68.000 75.000